Detail Cantuman Kembali
Dedy Lupu Kondolele - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ( PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA KATOLIK W.R SOEPRATMAN SAMARINDA ( Pokok Bahasan : Suhu dan Kalor )

Model pembelajaran Project Based Learning adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada pada aktifitas siswa untuk memahami suatu konsep dengan melakukan investigasi mendalam tentang suatu masalah dan menemukan solusi dengan pembuatan proyek. Model pembelajaran ini dimuali dengan guru memberikan pertanyaan mendasar seputar materi yang dapat memberi penugasan sesuai dengan dunia nyata yang relevan untuk siswa. Setelah itu mendesain perencanaan proyek yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan siswa. Lalu guru dan siswa secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitasndalam menyelesaikan proyek. Kemudain guru memonitioring siswa dalam kemajuan proyek yang dibuat dan yang terakhir menguji hasil proyek yang telah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran proyek terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA 1 SMAK W.R Soeprataman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAK W.R Soeprtaman Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 1 SMAK W.R Soepratman sebanyak 32 orang. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa besarnya nilai rata-rata hasil belajar siswa 77,84 dan sudah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Hasil penelitian ini diuji dengan uji dua sampel berpasangan diperoleh thitung = 37,08 dan untuk hasil belajar siswa dari ttabel 2,0242. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Project Based Learning materi suhu dan kalor.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ( PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA KATOLIK W.R SOEPRATMAN SAMARINDA ( Pokok Bahasan : Suhu dan Kalor )
Pengarang Dedy Lupu Kondolele - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil B
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua