Detail Cantuman Kembali
Renny - Personal Name

PERANAN MUSEUM KESULTANAN BULUNGAN DALAM PELESTARIAN NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT KELURAHAN TANJUNG PALAS TENGAH KABUPATEN BULUNGAN

Renny, Peranan Museum Kesultanan Bulungan dalam Pelestarian Nilai Budaya Pada Masyarakat Kelurahan Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan di bawah bimbingan Bapak Dr. Jawatir Pardosi, M.Si sebagai Pembimbing I dan Drs. Demsy Berty Salindeho, M.Si sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Museum Kesultanan Bulungan dalam pelestarian nilai budaya, dan hambatan yang di hadapi Museum Kesultanan Bulungan dalam pelestarian nilai budaya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu peran Museum Kesultanan Bulungan dalam pelestarian nilai budaya, hambatan yang dihadapi Museum Kesultanan Bulungan dalam pelestarian nilai budaya. Responden yaitu kepala museum kesultanan Bulungan, keturunan kerajaan Bulungan, kepala bidang kebudayaan, dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan langkah-langkah penelitian sejarah yaitu heuristik, kritik sumber (verifikasi), interpretasi dan historiografi. Sumber data dalam penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Peranan Museum Kesultanan Bulungan dalam pelestarian nilai budaya khususnya dalam pelestarian benda-benda bersejarah peninggalan kesultanan Bulungan seperti mahkota, meriam, tempat meludah, kopiah/peci, tempat rokok, baju, piring, dan lain-lain sudah dilakukan dengan baik. Dan pelestarian tari jugit melalui festival budaya, birau dan mengajarkan pada usia dini. Hambatan yang dihadapi museum kesultanan Bulungan dalam pelestarian nilai budaya adalah kurangnya minat masyarakat dalam pelestarian nilai budaya dan kurang kerjasama antara pemerintah dengan pihak museum kesultanan Bulungan.

Kata kunci : Peranan, Museum, dan Pelestarian nilai budaya

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANAN MUSEUM KESULTANAN BULUNGAN DALAM PELESTARIAN NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT KELURAHAN TANJUNG PALAS TENGAH KABUPATEN BULUNGAN
Pengarang Renny - Personal Name
No. Panggil
Subyek Peranan, Museum, dan Pelestarian nilai budaya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua