Detail Cantuman Kembali
NANDA ENTIKA PARADESIA - Personal Name

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM DAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2011-2015

Nanda Entika Paradesia, 2016, Pengaruh Intellectual Capital terhadap Abnormal Return Saham dan Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015 di bawah bimbingan Bapak H. Zainal Ilmi sebagai dosen pembimbing I dan ibu Maryam Nadir sebagai pembimbing II.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intellectual capital terhadap abnormal return saham dan kinerja keuangan perusahaan perbankan. Abnormal return saham diukur dengan cumulative abnormal return (CAR), dan average abnormal return (AAR), kinerja keuangan perusahaan diukur dengan return on assets (ROA), assets turn over (ATO) dan growth in revenue (GR). Variabel laten yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja intellectual capital yang diukur dengan VAICâ„¢ dengan indikator (VACA, VAHU, STVA).

Sampel penelitian yang digunakan adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2011-2015. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh berjumlah 75 perusahaan dalam periode tahun 2011-2015. Penelitian ini menggunakan analisis partial least square (PLS) versi 3.0 untuk menganalisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh siginifikan positif terhadap abnormal return saham dan kinerja keuangan yang diukur dengan CAR, AAR, ROA dan ATO, tetapi tidak berpengaruh terhadap GR. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa sturctural capital (STVA) memberikan kontribusi yang paling banyak terhadap penciptaan nilai tambah bagi perusahaan.

Kata Kunci : Intellectual capital, cumulative abnormal return (CAR), dan average abnormal return (AAR), return on assets (ROA), assets turn over (ATO), growth in revenue (GR).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM DAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2011-2015
Pengarang NANDA ENTIKA PARADESIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Intellectual capital, cumulative abnormal return (
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua