Detail Cantuman Kembali
DESY KRISTIANI MARPAUNG - Personal Name

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA TERNAK AYAM PEDAGING (Broiler) DI BERAMBAI KELURAHAN SEMPAJA UTARA KOTA SAMARINDA

DESY KRISTIANI MARPAUNG. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Ternak Ayam Pedaging (broiler) Di Berambai Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2016. (dibawah bimbingan Nella Naomi Duakuju dan Muhammad Najib).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha ternak ayam pedaging (broiler) secara finansial di Berambai Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda.
Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, yaitu sejak bulan September sampai November tahun 2015. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan responden, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis criteria investasi yang terdiri dari NPV, IRR, Net B/C Ratio dan PP. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus, yaitu seluruh peternak ayam dijadikan sebagai responden.
Hasil penelitian terhadap usaha ternak ayam dengan umur proyek selama 5 tahun berdasarkan analisis criteria investasi menunjukkan bahwa nilai NPV sebesar Rp 105.337.782,00,-, IRR sebesar 65%, Net B/C Ratio sebesar 3,34 dan PP selama 1 tahun 5 bulan.
Hasil dari perhitungan kriteria investasi menunjukkan bahwa usaha ternak ayam pedaging (broiler) Di Berambai layak secara finansial untuk dikembangkan dikarenakan nilai NPV yang positif, IRR lebih besar daripada tingkat suku bunga yang berlaku, Net B/C Ratio lebih besar daripada satu dan hasil PP lebih rendah daripada umur ekonomis ternak ayam.



Kata kunci: Analisis kelayakan finansial dan Ternak ayam

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA TERNAK AYAM PEDAGING (Broiler) DI BERAMBAI KELURAHAN SEMPAJA UTARA KOTA SAMARINDA
Pengarang DESY KRISTIANI MARPAUNG - Personal Name
No. Panggil
Subyek Analisis kelayakan finansial dan Ternak ayam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua