Detail Cantuman Kembali
SISKA WAHYUNI - Personal Name

ANALISIS SEMIOTIKA PADA PUISI “CATATAN DARI SEBUAH BUKIT” KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA

Latar belakang penelitian ini adalah untuk menyemarakkan penelitian hasil cipta karya sastra berupa puisi pada kajian semiotika. Ketika meneliti puisi pada kajian tersebut kita mampu memahami makna yang terkandung dalam puisi melalui tanda-tanda semiotik.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana bentuk tanda semiotika yang terdiri atas ikon, indeks, dan simbol dalam puisi “Catatan dari Sebuah Bukit” Karya Syafruddin Pernyata. Semiotika berarti “tanda” dalam penelitian ini, semiotika adalah jenis analisis yang digunakan sebagai upaya mengkaji sebuah tanda dalam puisi.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk ikon dalam puisi “Catatan dari Sebuah Bukit”, bentuk indeks dalam puisi “Catatan dari Sebuah Bukit”, dan bentuk simbol dalam puisi “Catatan dari Sebuah Bukit”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan analisis dengan mengkaji pustaka. Metode ini menggunakan referensi sebagai sumber informasi dalam penelitian.
Hasil penelitian tersebut antara lain : (1) Ikon dalam puisi “Catatan dari Sebuah Bukit” karya Syafruddin Pernyata terbagi menjadi tiga jenis ikon yaitu imaji, diagramatis, dan metaforis, (2) Indeks pada puisi “Catatan dari Sebuah Bukit” Karya Syafruddin Pernyata, dan (3) Simbol terdapat pada puisi “Catatan dari Sebuah Bukit” Karya Syafruddin Pernyata.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan pada puisi “Catatan dari Sebuah Bukit” dapat disimpulkan bahwa puisi tersebut, memiliki banyak tanda-tanda semiotika di setiap baitnya yang meliputi ikon, indeks, dan simbol.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SEMIOTIKA PADA PUISI “CATATAN DARI SEBUAH BUKIT” KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA
Pengarang SISKA WAHYUNI - Personal Name
No. Panggil
Subyek puisi, semiotika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua