EFEKTIFITAS PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE DEBAT PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 8 SAMARINDA SEBERANG
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan mekanisme pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui metode debat juga efektifitas pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui metode debat pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Samarinda Seberang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif
Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil mekanisme metode debat yang dilakukan dalam penelitian berlangsung secara efektif, mekanisme pembinaan karakter disiplin dan tanggungjawab difokuskan pada proses latar belakang diambilnya metode debat, proses dalam memilih materi pembelajaran yang akan didebatkan, membagi kelompok yang pro dan kontra sehingga akan menghasilkan dampak – dampak positif yang dicapai oleh siswa dalam bertanggung jawab menyusun dna mengatur jalannya debat serta menghasilkan disiplin yang timbul bila adanya keterbukaan, kerjasama, mematuhi suatu norma dengan rasa tanggung jawab, sehingga pembelajaran PKN akan efektifitas dalam pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab yaitu keterampilan sosial yang dibutuhkan dalam usaha berkolaborasi harus dipandang penting dalam keberhasilan menyelesaikan tugas kelompok
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIFITAS PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE DEBAT PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 8 SAMARINDA SEBERANG |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD NUR FIRDAUS - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Pembinaan Karakter, Disiplin dan Tanggung Jawab de |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY