PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Maria Cyndi Claudia. 2016. Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014). Dibawah bimbingan Bapak Suharyono sebagai pembimbing I dan Ibu Salmah Pattisahusiwa sebagai pembimbing II.
Penelitian ini menganalisis profitabilitas sebagai variabel yang memoderasi pengaruh corporate social responsibility didasarkan pada triple bottom line yaitu sosial, lingkungan, dan keuangan yang diungkapkan dalam laporan tahunan. Profitabilitas dalam penelitian ini diproksikan oleh return on equity. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan apakah profitabilitas sebagai variabel pemoderasi mampu memoderasi hubungan antara corporate social responsibility dan nilai perusahaan.
Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI
periode 2012-2014 sebanyak 22 emiten, menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian berasal dari data sekunder diperoleh melalui teknik dokumentasi. Analisis data dengan regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi (MRA).
Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi bahwa: (1) corporate social responsibility berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0,005 < 0,05 dan koefesien beta positif sehingga H1 diterima. (2) Profitabilitas sebagai variabel moderasi mampu berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara corporate social responsibility dan nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0,020 < 0,05 dan koefesien beta positif sehingga H2 diterima. Dalam penelitian ini disarankan: peneliti menggunakan pengukuran indeks pengungkapan yang lebih berstandar internasional seperti GRI, memperluas sampel dengan menggunakan seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI, dan bagi peneliti berikutnya untuk dapat memperpanjang jangka waktu penelitian dengan jumlah sampel yang lebih besar dan beragam.
Kata kunci : Corporate social responsibility (CSR), nilai perusahaan, profitabilitas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) |
---|---|
Pengarang | MARIA CYNDI CLAUDIA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Corporate social responsibility (CSR), nilai perus |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY