HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIAUNIVERSITAS MULAWARMAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Self-efficacy dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Kimia Tahun Angkatan 2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikian kimia Universitas Mulawarman, dengan sampel yang diperoleh dengan metode purposive sampling dan incidental sampling, dengan jumlah 30 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian dianalisis dengan korelasi sederhana dan menggunakan uji korelasi ganda yang kemudian dilanjutkan dengan uji F.
Berdasarkan hasil Penelitian diperoleh hasil rhitung: (1) rhitung > rtabel yaitu 0,97915 > 0,306 pada taraf signifikan 5%, (2) rhitung > rtabel yaitu 0,93384 > 0,306 pada taraf signifikan 5%, (3) rhitung > rtabel yaitu 0,94961 > 0,306 pada taraf signifikan 5%, (4) rhitung > rtabel yaitu 0,94981 > 0,306 pada taraf signifikan 5%, uji F menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 124,46 > 3,35 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan self-efficacy dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kimia Universitas Mulawarman dan uji ini dapat diberlakukan untuk semua populasi.
Kata Kunci : self-efficacy, motivasi, prestasi belajar, metode purposive sampling dan incidental sampling.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIAUNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | WIWI FARINA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY