Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Semangat Kerja dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas III SDN 001 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2014/ 2015
Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru terlalu monoton dan membosankan. Ketuntasan siswa pada pembelajaran sebelum penelitian tindakan hanya 39,5% sehingga diperlukan adanya tindakan. Dengan rumusan masalah “Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar IPS materi semangat kerja dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas III SDN 001 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2014/2015 ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi semangat kerja dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SDN 001 Sungai Kunjang yang berjumlah 38 orang siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 21 siswa laki – laki. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping pada materi semangat kerja.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap akhir pertemuan diberikan tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan soal essay yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa.Tehnik pengumpulan data dalam oenelitian ini dilakukan dengan tehnik observasi dan tehnik tes. Sedangkan tehnik analisis data mengunakan rata – rata dan persentase.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata – rata dan persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Sebelum diterapkan metode mind mapping nilai rata-rata siswa 62 dengan persentase ketuntasan 39,57%. Setelah penerapan metode, terjadi peningkatan pada siklus I nilai rata – rata sebesar 64 dengan persentase ketuntasan sebesar 63%. Pada siklus II nilai rata – rata menjadi 71,2 dengan persentase ketuntasan menjadi 76,3%. Pada siklus III nilai rata –rata menjadi 79,2 dengan persentase ketuntasan menjadi 92,1%. Jadi, rekapitulasi hasil peningkatan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,3% dan peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 15,8%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas III SDN 001 Sungai Kunjang
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Semangat Kerja dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas III SDN 001 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2014/ 2015 |
---|---|
Pengarang | Septiani - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil Belajar IPS, Semangat Kerja, Metode Mind Map |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY