Detail Cantuman Kembali
SITI HATIMAH - Personal Name

STUDI TENTANG TRADISI TIMBU SUKU PASER DESA LOMBOK KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tradisi timbu, mengetahui nilai- nilai yang terkandung dalam tradisi timbu dan mengetahui manfaat dari tradisi timbu bagi masyarakat Suku Paser di Desa Lombok, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Desa Lombok Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser dengan fokus penelitian yaitu pelaksanaan tradisi timbu, nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi timbu dan manfaat tradisi timbu bagi masyarakat Suku Paser di Desa Lombok Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Dalam penelitian ini 1 orang Kepala Desa Lombok 1 orang Kepala adat dan 3 orang dari pihak keluarga yang melaksanakan tradisi timbu yang menjadi informan dalam rangka melengkapi data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara sebagai teknik utama. Alat pendukung pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menjelaskan tentang pelaksanaan tradisi timbu dibagi dalam tiga tahapan antara lain: tahap persiapan yaitu melakukan musyawarah dan persiapan bahan-bahan, acara inti yaitu pada saat melaksanakan tradisi timbu meliputi ritual penyampaian niat hajat kepada roh, pemandian tulang tengkorak, penyembelihan ayam sebagai simbolis pemberian makan kepada roh dan terakhir pasca pelaksanaan tradisi timbu yaitu keluarga melaksanakan syukuran. Terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi timbu antara lain yaitu nilai religius, nilai budaya, nilai sosial nilai moral. Manfaat tradisi timbu bagi masyarakat Suku Paser di Desa Lombok antara lain lebih meningkatkan nilai spiritual dalam diri. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat akan lebih tenang dalam menghadapi permasalahan yang dianggap dapat membahayakan diri mereka.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG TRADISI TIMBU SUKU PASER DESA LOMBOK KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER
Pengarang SITI HATIMAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek TRADISI TIMBU SUKU PASER
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua