HUBUNGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA NEGERI 1 MUARA BADAK TAHUN AJARAN 2014/2015
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui hubungan keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Muara Badak tahun ajaran
2014/2015, (2) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Muara Badak tahun ajaran 2014/2015, (3) untuk mengetahui hubungan keterampilan metakognitif dan motivasi belajar melalui pendekatan scientific secara bersama-sama dengan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Muara Badak tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Muara Badak tahun ajaran 2014/2015 dengan metode kuantitatif asosiatif. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling, jumlah sampel 29 siswa dari kelas X
MIA-3 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data: keterampilan metakognitif diperoleh dari lembar kerja siswa dan angket keterampilan metkognisi, motivasi belajar diperoleh dari angket dan hasil belajar kimia siswa
diperoleh dari postes dan ulangan harian. Alat analisis yang digunakan yaitu Microsoft Office Excel 2007, dibantu dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Setelah data terkumpul lalu dilakukan pengujian: uji coba instrumen angket (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), analisis regresi dan korelasi.
Hasil analisi menunjukkan bahwa antara keterampilan metakognitif (X1) dengan hasil belajar (Y), korelasi Pearson 0,380 nilai signifikan 0,042 < 0,05, sedang motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y), korelasi Pearson 0,795 nilai
signifikan 0,000 < 0,05, selanjutnya keterampilan metakognitif (X1) dan motivasi belajar (X2) dengan hasil belajar (Y), korelasi Bivariat 0,807, kontribusi keterampilan metakognitif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia
sebesar 65%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA NEGERI 1 MUARA BADAK TAHUN AJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | SALMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Keterampilan Metakognitif, Motivasi Belajar, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY