Detail Cantuman Kembali
Syahril - Personal Name

KAJIAN ETNOBOTANI DI KAWASAN HUTAN HUJAN TROPIS KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN UTARA BERDASARKAN SISTEM LAHAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan obat berdasarkan sistem lahan, mengetahui jenis tumbuhan obat, jumlah tumbuhan obat dan manfaat tumbuhan obat pada Etnis Punan, Etnis Bahau dan Etnis Kutai berdasarkan Sistem Lahan dan memetakan jenis tumbuhan obat pada berbagai sistem lahan menggunakan Sistem Informasi Geografis tumbuhan obat pada masing-masing etnis.
Inventarisasi dan pengolahan/analisis data dilaksanakan di laboratorium kartografi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman mulai bulan Maret sampai dengan Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Sistem Informasi Geografis (SIG) yaitu dengan mengoverlaykan data jenis tumbuhan obat, koordinat tumbuhan obat, manfaat tumbuhan obat dan dokumentasi tumbuhan obat. Selanjutnya dari hasil overlay tersebut akan diperoleh posisi tumbuhan obat tersebut berada pada sistem lahan sesuai yang dimanfaatkan masyarakat berdasarkan Etnis Kutai di Kabupaten Kutai Kartanegara, Etnis Bahau di Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur dan Etnis Punan di Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Etnis Kutai ada 31 jenis spesies dan 50 macam manfaat tumbuhan obat berada pada sistem lahan SBG, 13 jenis dan 16 Manfaat pada LWW, 5 jenis dan 5 manfaat pada BKN, 4 jenis dan 4 manfaat pada TWH, 1 jenis dan 1 manfaat pada MDW dan 1 jenis dan 1 manfaat pada TWB. Etnis Bahau ada 16 jenis spesies dan 29 macam manfaat tumbuhan obat berada pada sistem lahan BTA, 14 jenis dan 24 manfaat pada LWW dan 1 jenis dan 1 manfaat pada BKN sedangkan pada Etnis Punan ada 31 jenis spesies dan 43 macam manfaat tumbuhan obat berada pada sistem lahan TWH, 25 jenis dan 32 manfaat pada BLI dan 5 jenis dan 7 manfaat pada BKN. Jenis tumbuhan obat pada berbagai sistem lahan dengan menggunakan sistem informasi geografis menunjukkan bahwa tidak semua jenis tumbuhan obat pada koordinat yang berbeda terdapat pada sistem lahan yang berbeda.
Kesimpulan menunjukkan pada Etnis Kutai ada 55 jenis spesies dan 77 macam manfaat tumbuhan obat yang berada pada sistem lahan SBG, LWW, BKN, TWH, MDW dan TWB. Etnis Bahau ada 31 jenis spesies dan 56 macam manfaat tumbuhan obat yang berada pada system lahan BTA, LWW dan BKN sedangkan pada Etnis Punan ada 61 spesies dan 82 macam manfaat tumbuhan obat berada pada sistem lahan TWH, BLI dan BKN. Terpetakannya jenis tumbuhan obat berdasarkan sistem lahan sesuai lokasi tumbuh pada masing-masing etnis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KAJIAN ETNOBOTANI DI KAWASAN HUTAN HUJAN TROPIS KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN UTARA BERDASARKAN SISTEM LAHAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG)
Pengarang Syahril - Personal Name
No. Panggil
Subyek Tumbuhan Obat, Etnis Dayak, Sistem Lahan, SIG
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan MAGISTER PERTANIAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua