Detail Cantuman Kembali
Sarmini - Personal Name

ALIH KODE BAHASA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS VI SD NEGERI 012 BALIKPAPAN TIMUR

Sarmini. 2009. Skripsi. Alih Kode Bahasa Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas VI SDN 012 Balikpapan Timur. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Pembimbing: (I) Drs. M. Rusydi Ahmad, M.Hum, (II) Drs. Kanisius Londa.
Kata Kunci: Alih Kode Bahasa Dalam Proses Belajar Mengajar.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2009, dengan latar belakang, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dalam hubungannya dengan pendidikan nasional. 1) sebagai mata pelajaran dasar dan pokok 2) sebagai bahasa pengatar di semua jenis jenjang sekolah. Pendidik berkewajiban membina dan mengembangkan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kurikulum.
Masyarakat sekolah merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang dwi bahasawan maka alih kode sulit untuk dihindari dalam proses interaksi verbal (PBM) di dalam kelas.
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan alih kode bahasa guru dalam proses belajar mengajar dan untuk mendiskripsikan faktor yang menyebabkan alih kode bahasa guru di dalam kelas.
Manfaat penelitian menambah pengetahuan dan wawasan tentang variasi dan ragam bahasa. Alih kode juga membantu siswa agar lebih memahami materi. Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan dan wawancara dengan teknik menyimak langsung di dalam kelas. Hasil penelitian diharapkan dapat memberi sumbangan bagi sosiolinguistik dan dapat memberi konstribusi pada linguistik lokal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ALIH KODE BAHASA GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS VI SD NEGERI 012 BALIKPAPAN TIMUR
Pengarang Sarmini - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua