Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Media Keping Dua Warna Dikelas IV SDN 011 Muara Ancalong Tahun Pembelajaran 2015/2016
Urai Ding. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Media Keping Dua Warna diKelas IV SD Negeri 011 Muara Ancalong . Skripsi, Program Studi PGSD : Pembimbing I, Dra. Hj.Triwahyuningsih,M,Si, Pembimbing II, Drs. Rifai Ilyas, M.Kes,
Kata Kunci: Hasil belajar, Penjumlahan Bilangan Bulat, Media Keping Dua Warna.
Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar adalah matematika. Matematika diajarkan di sekolah dasar bersifat deduktif dan objek kajiannya abstrak. Jika sifat matematika ini dikaitkan dengan taraf berpikir siswa sekolah dasar yang masih berada dalam taraf operasional konkrit, maka akan terjadi kesenjangan yang berakibat kegagalan dalam mempelajarinya. Kegagalan tersebut ditandai dengan rendahnya hasil belajar seperti yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 011 Muara Ancalong. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan model konvensional dalam pembelajarannya sehingga pemahaman siswa tentang konsep sangat lemah.
Berdasarkan uraian di atas penulis berusaha meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru dengan menggunakan media keping dua warna. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana mneningkatkan hasil belajar siswa dalam penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media keping dua warna. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru dalam materi pokok operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 011 Muara Ancalong.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 011 Muara Ancalong yang berjumlah 11 siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-gmasing siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dan performansi guru. Indikator keberhasilan yang dicapai yaitu hasil tuntas belajar klasikal (nilaiā„62) mencapai 70%, nilai aktivitas siswa 70% dan nilai performansi guru minimal 71 (B).
Berdasarkan analisis data penelitian siklus I ketuntasan belajar klasikal baru mencapai 64% dengan nilai rata-rata kelas 68, sedangkan siklus II meningkat menjadi 82% dengan nilai rata-rata kelas 85. Selain itu aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 57 % siklus I menjadi 74% siklus II. Begitu juga dalam performansi guru dari 70 siklus I meningkat menjadi 80,5. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media keping dua warna dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Media Keping Dua Warna Dikelas IV SDN 011 Muara Ancalong Tahun Pembelajaran 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | URAI DING - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil belajar, Penjumlahan Bilangan Bulat, Media K |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY