PENERAPAN PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB- TK ISLAM ARAFAH TENGGARONG
Susanti, 2015. Penerapan Pengembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia 3 -4 Tahun Di KB-TK Islam Arafah Tenggarong Tahun ajaran 2015/2016. Pembimbing 1 Drs. Sunarno, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Sudillah. MW. M.Pd.
Kata Kunci : Sosial Emosional, Anak Usia Dini, DiSentra bermain
Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data dan kesimpulan dalam rancangan guru dalam pembelajaran, dan pelaksanaan didalam kegiatan pembelajaran serta evaluasi dalam pengembangan sosial emosional yang dilakukan guru di TK Islam Arafah Tenggarong pada setiap kegiatan.
Jenis Penilitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif , penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Arafah Tenggarong, dengan data penelitian ini adalah rancangan guru dalam pembelajaran dan pelaksanaan serta evaluasi dalam pengembangan sosial emosional pada anak usia dini,dan sumber data penelitian ini adalah guru serta anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 4 anak . Tekhnik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Tekhnik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas, ketekunana pengamatan dilapangan, trianggulasi, dan referensi.
Hasil Penelitian menunjukkan dalam Pengembangan Sosial emosional di TK Islam Arafah dalam setiap kegiatan pembelajaran sudah berjalan lancar dengan baik dan menggunakan metode yang sesuai, berdasarkan kegiatan pada pijakan yaitu pemberian dukungan yang diberikan oleh guru pada peserta didik yang telah disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak, adapun tugas guru adalah mempersiapkan rancangan pembelajaran dan mempersiapkan fasilitas, media yang akan digunakan, serta guru menjadi model inspirasi yang akan dicontoh bagi peserta didik, pendekatan ini pembelajarannya berfokus pada anak sebagai subjek “ pembelajar”, sehingga anak akan terbantu dalam pengembangan dirinya sesuai dengan bakat, atau potensi dan minatnya.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam Pengembangan sosial emosional terdiri dari pembuatan Prota ,Prosem,RKM,dan RKH, dan Pelaksanaan serta evaluasi dalam pengembangan social emosional pada anak berdasarkan pada tahapan usia peserta didik yang disesuaikan dengan tumbuh kembang peserta didik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB- TK ISLAM ARAFAH TENGGARONG |
---|---|
Pengarang | SUSANTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Sosial Emosional, Anak Usia Dini, DiSentra bermain |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY