Detail Cantuman Kembali
NURLINA - Personal Name

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN BAHASA PADA SENTRA BERMAINDITKKREATIFTIANG AYU TENGGARONG

Nurlina, 2016: Implementasi Pembelajaran Kecerdasan Bahasa Pada Sentra Bermain di TK Kreatif Tiang Ayu Tenggarong, Pembimbing I : Dr. Budi Rahardjo, M.S. Pembimbing II: Iksam, S.Pd,M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran KecerdsanBahasa

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan:(1) Pendekatan guru dalam Implementasi kecerdasanbahasa anak usia dini di TK Kreatif Tiang Ayu Tenggarong (2) Metode yang dilakukan guru dalam proses Implementasi kecerdasanbahasa anak usia dini di TK Kreatif Tiang Ayu Tenggarong (3) Perkembangan kecerdasan bahasa anak usia dini di TK Kreatif Tiang Ayu
Tenggarong.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif. Subyek penelitian Pengelola, Pendidik dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan dengan menggunakan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pendekatan guru dalam implementasi berbasis kecerdasan bahasa pada sentra bermain di TK Kreatif Tiang Ayu Tenggarong dalam upaya membelajarkan anak untuk menguasai aspek-aspek kecerdasan bahasa dilakukan dengan menggunakan pendekatan kontekstual.(2) Metode dan strategi yang dilakukan guru dalamimplementasi pembelajaran berbasis kecerdasan bahasa pada sentra bermain di TKKreatif Tiang Ayu Tenggarong yaitu metode ‘bercerita’ dan metode ‘bermain’. Khusus untuk kecerdasan bahasa, permainan memiliki manfaat yang sangat baik bagi anak.
Banyak kosa kata yang muncul dari interaksi anak dalam permainan dengan teman sebayanya. (3) Perkembangan kecerdasanbahasa anak usia dini di TK Kreatif Tiang Ayu Tenggarongdikembangkan dengan menggunakan banyak kosa kata, anak menggunakan fast mapping yaitu suatu proses dimana anak menyerap arti kata baru setelah mendengarnya sekali ataudua kali dalam percakapan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN BAHASA PADA SENTRA BERMAINDITKKREATIFTIANG AYU TENGGARONG
Pengarang NURLINA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Implementasi Pembelajaran KecerdsanBahasa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua