Detail Cantuman Kembali
DEWI SUSANTI - Personal Name

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK DENGAN METODE NOMINAL GROUP TECHNIQUE (NGT) BERBASIS WEB (Studi Kasus: Organisasi Gerakan Pemuda Asli Kalimantan)

belakang kesamaan suku daerah namun anggotanya memiliki beragam perbedaan seperti pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Banyak pekerjaan yang dilakukan secara terkomputerisasi dan berkelompok. Ketika sebuah organisasi yang menghadapi masalah yang terprogram maka biasanya para praktisi organisasi dapat dengan cepat merespon karena adanya formulasi solusi, lalu bagaimana para praktisi menghadapi masalah yang tidak terprogram. Sistem pendukung keputusan kelompok menggunakan metode nominal group technique (NGT). Metode nominal group technique (NGT) adalah salah satu bentuk dari tehnik brainstorming yang digunakan untuk memproduksi ide yang banyak dan beragam tentang isu yang dihadapi atau masalah yang didiskusikan. Pemilihan metode nominal group technique (NGT) dalam menghasilkan ide-ide agar setiap aspirasi anggota organisasi ini dapat terakomodasi secara baik dan terkomputerisasi. Selain itu sistem ini di bangun untuk mengatasi kendala-kendala seperti terbatasnya waktu dan tempat untuk mengadakan rapat berkaitan dengan masalah tidak terprogram serta meminimalisasi anggaran pengeluaran yang dihasilkan dari kegiatan sejenis rapat. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem pendukung keputusan secara berkelompok dan menghasilkan rekomendasi solusi yang dapat mensupport manajer dalam mengambil keputusan dengan tingkat kualitas keputusan yang tinggi dan diperoleh dari partisipasi anggota yang terbuka. Sehingga sistem ini dapat mengakomodasi setiap ide dan gagasan anggotanya dalam setiap kegiatan rapat jenis masalah tidak terprogram.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan Kelompok, Group Support System (GSS), Metode nominal group technique (NGT), Web.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK DENGAN METODE NOMINAL GROUP TECHNIQUE (NGT) BERBASIS WEB (Studi Kasus: Organisasi Gerakan Pemuda Asli Kalimantan)
Pengarang DEWI SUSANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua