Detail Cantuman Kembali

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V SDN 001 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi perlunya dilakukan perbaikan proses pembelajaran IPS yang proses mengajarnya dilaksanakan cenderung konvensional, kurang menyesuaikan metode yang sesuai materi yang akan diajarkan. Sehingga hasil belajar siswa masih kurang, belum mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) yang di tetapkan. Hasil ulangan semester ganjil masih ada siswa yang belum tuntas.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah mengajar Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Mempertahankan Kemerdekaan RI Dengan Model pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas V SDN 001 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat meningkat ?ā€¯Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Materi Mempertahankan Kemerdekaan RI Dengan Model pembelajaran Group Investigation siswa kelas V SDN 001 Sungai Kunjang. Manfaat penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar IPS dengan model Group Investigation. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, hasil belajar siswa dan lembar observasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan. Permasalahan yang terdapat pada siklus I akan ditindak lanjuti pada siklus berikutnya yaitu siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Sungai Kunjang dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS Materi Mempertahankan Kemerdekaan RI Dengan Model pembelajaran Group Investigation.
Hasil penelitian pada prasiklus yang tuntas 7 dari 40 siswa dengan persentase siswa yang tuntas 17,5% . Mengajar dengan model Group Investigation pada penelitian siklus I hasil persentase siswa yang tuntas sebesar 42,5 % dengan yang yang tuntas 17 siswa. Pelaksanaan siklus II persentase ketuntasan siswa sebesar 85% dengan siswa yang tuntas 34. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS Materi Mempertahankan Kemerdekaan RI siswa Kelas V di SDN 001 Sungai Kunjang

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V SDN 001 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Pengarang SYAHROZI APRAYUGO ERNANDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPS,Model Group Investigation
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua