HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada siswa – siswi SMA Negeri 11 Samarinda)
Prestasi belajar merupakan pencapaian dari proses belajar siswa yang dicantumkan dalam bentuk nilai. Di dalam proses belajar tersebut siswa diwajibkan untuk mengikuti seluruh mata pelajaran tidak terkecuali matematika, yang merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh seluruh siswa. Persoalan yang seringkali terjadi yaitu menurunnya prestasi belajar matematika, sehingga
menjadi masalah tersendiri bagi pihak sekolah. Oleh karena itu, banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika individu. Salah satunya yang berhubungan dengan minat belajar siswa itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa – siswi SMA Negeri 11 Samarinda. Subjek penelitian ini adalah siswa – siswi SMA Negeri 11 Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 88 siswa. Alat ukur prestasi belajar yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data nilai semester siswa – siswi SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2016/2017 dan menggunakan skala minat belajar. Skala minat belajar tersebut disusun dengan penskalaan model Likert dan analisis statistiknya menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Packages for Social Science) versi 20.0 for windows.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji nonparametric Kendall’s Tau. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai korelasi -0.012 dan nilai p > 0.05 ( p = 0.876 ).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada siswa – siswi SMA Negeri 11 Samarinda) |
---|---|
Pengarang | IKA WANDA RATNASARI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | minat belajar, prestasi belajar. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY