PENGARUH REGULASI DIRI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2013/2014
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok faktorisasi suku aljabar kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga bulan Maret 2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto, dalam penelitian terdapat dua variabel bebas, yaitu regulasi diri (X1) dan minat belajar matematika (X2) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika (Y). Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Proportional Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh sampel 10 kelas yang terdiri dari 320 siswa yang berasal dari sekolah yang berbeda yaitu SMPN 4, SMPN 35 dan SMPN 39. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari angket dan tes. Sebelum mengadakan penelitian, angket dan tes diuji cobakan kepada siswa yang bukan merupakan sampel dari penelitian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial terdiri dari pemeriksaan asumsi dan pengujian hipotesis. Pemeriksaan asumsi terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kelinieran. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%.
Hasil analisis menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan regresidugaan Ŷ = -2,735 + 0,832X1 + 0,745X2 dan Fhitung = 81,652 dengan Ftabel adalah 3,00.
Fhitung > Ftabel berarti terdapat pengaruh regulasi diri dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar matematika. Kontribusi regulasi diri dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika diperoleh sebesar 0,340 atau 34,0%. Hasil analisis regulasi diri diperoleh thitung = 5,902 > ttabel = 1,960, artinya koefisien variabel X1 yang diperoleh adalah berarti. Hasil analisis untuk minat belajar matematika diperoleh thitung = 4,758 > ttabel = 1,960, artinya koefisien variabel X2 yang diperoleh adalah berarti.
Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan terdapat pengaruh regulasi diri dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok faktorisasi suku aljabar kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Samarinda Ulu tahun ajaran 2013/2014.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH REGULASI DIRI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK FAKTORISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2013/2014 |
---|---|
Pengarang | ERNI YUSUP - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Pengaruh Regulasi Diri Dan Minat Belajar Matematik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY