Detail Cantuman Kembali

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON- EXAMPLES SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan siswa terutama pada sub pokok bahasan menulis paragraf deskripsi dengan model pembelajaran examples non-examples.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Setiap siklus dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Subjek penelitian ialah siswa kelas X SMA Negeri 3 Samarinda. Jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran sejumlah 33 orang. Data diperoleh melalui pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dengan pemberian tugas individu maupun kelompok dan hasil tes menulis paragraf deskripsi siswa setiap akhir siklus atau putaran. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan model examples non-examples. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis paragraf deskripsi dan teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk rata-rata (mean) dan persentase/ teknik kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II.
Hasil analisis data nilai rata-rata kelas maupun nilai hasil tes keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa setiap siklusnya. Siklus I terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari nilai kemampuan awal rata-rata kelas sebesar 70.36 menjadi 72,78 dengan persentase peningkatan sebesar 2,42% dan pada siklus I ke siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 72,78 menjadi 80.03 dengan persentase peningkatan 7,25 %. Setelah menggunakan model examples non-examples juga terjadi perubahan tingkah laku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang antusias terhadap pembelajaran menulis paragraf deskripsi menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf
deskripsi dengan model examples non-examples. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan model pembelajaran examples non-examples dapat
meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMA
Negeri 3 Samarinda pada tahun ajaran 2014/2015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON- EXAMPLES SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014/2015
Pengarang Quranisa Nurlenny Leoriza Bintarti - Personal Name
No. Panggil
Subyek Menulis Paragraf Deskripsi, Examples Non-Examples
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua