Detail Cantuman Kembali
ARI KAMRIYANI - Personal Name

PENINGKATANHASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRIPADA SISWA KELAS IV SDN 001 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019


Kata Kunci: Hasil belajar matematika, pengukuran sudut, model inkuiri
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi pengukuran sudutkelas IV SDN 001 Loa Janan Ilir. Rumusan masalah dalampenelitianini bagaimana peningkatanhasil belajar matematika materi Pengukuran sudut dengan model inkuiri terbimbingpada siswa kelas IV SDN 001 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2018/2019. Maka tujuan Penelitian iniuntuk meningkatkan hasil belajar Matematika materipengukuran sudutdengan model inkuiri terbimbing siswa kelas IV SDN001 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yangterdiri dari dua siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SDN001 Loa Janan Ilir dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 37siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar matematika materi pengukuran sudutdengan model inkuiri terbimbing. Teknik penelitian ini adalah dengan melakukan observasi. Teknik analisis data dalampenelitian ini menggunakan nilai rata-rata, presentase, dangrafik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwahasil belajarsiswa siklus I dan II. Hasil belajar matematika siswa makadiperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus rata-rata kelas 50,94 (24%). Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan(32%) dari nilai dasar pra siklus dengan rata-rata kelas 67,22 (57%).
Hasil belajar siswa padasiklus II mengalami peningkatan sebesar (59,32%) dari nilai dasar pra siklus dengan rata-rata kelas 81,16 (86%). Kesimpulanhasil belajar siswamateri pengukuran sudut denganmenggunakan model inkuiri di kelas IV SDN001 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATANHASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRIPADA SISWA KELAS IV SDN 001 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang ARI KAMRIYANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Hasil belajar matematika, pengukuran s
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua