PENGARUH KEJENUHAN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA DENGAN SISTEM PESANTREN MODERN DI SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kejenuhan belajar dan interaksi sosial terhadap konsentrasi belajar pada siswa dengan sistem pesantren modern di Samarinda. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Madina citra Insani dan MA Al-Uswah di Samarinda dengan jumlah 80 siswa. Alat ukur dalam penelitian ini menggunkan skala konsentrasi belajar, kejenuhan belajar dan interaksi sosial yang diuji menggunakan teknik regresi berganda dengan
menggunakan SPSS versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kejenuhan belajar dan interaksi sosial dengan nilai signifikan p: 0,000, F hitung 14.043 dan F tabel 3.13 dengan besar pengaruh 24.8%. Kemudian tidak terdapat pengaruh antara variabel kejenuhan belajar terhadap konsentrasi belajar dengan nilai p: 0.572, t hitung -0.572 dan t tabel 1.992. Terdapat pengaruh antara variable interaksi sosial terhadap konsentrasi belajar dengan nilai p: 0.000, t hitung 4,784 dan t tabel 1.991.
Kata kunci: konsentrasi belajar, kejenuhan belajar, interaksi sosial.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KEJENUHAN BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA DENGAN SISTEM PESANTREN MODERN DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | SITI AFIFAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci: konsentrasi belajar, kejenuhan belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY