Detail Cantuman Kembali
NURUL HELDAYANTI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MODEL DEBAT PADA SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam rumusan masalah bagaimana meningkatkan pembelajaran PKn tentang Organisasi di Sekolah dan Lingkungan Masyarakat, dengan tujuan meningkatkan pembelajaran PKn tentang Organisasi di Sekolah dan Lingkungan Masyarakat.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 009 Samarinda Ulu pembelajaran 2014/ 2015 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 35 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran debate.
Instrumen pengumpulan data berupa tugas ,latihan soal – soal, observasi terhadap siswa dan guru, dan tes akhir siklus. Tes akhir siklus dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan pada setiap siklus. Observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan dan selama pembelajaran berlangsung. Penelitian dilakukan selama 2 siklus . Siklus I, dan II masing-masing dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan dua kali pembelajaran dan dua kali tes akhir siklus. Soal tes akhir pada setiap siklus berbentuk uraian dan pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik deksriptif berupa rata-rata dan persentase. Yang bertindak sebagai pelaksana pembelajaran adalah peneliti, sedangkan sebagai observer adalah Kepala Sekolah SD Negeri 009 Samarinda Ulu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai akhir siklus I sebesar 63,92%, Siklus II sebesar 84,42%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan pembelajaran model debate dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi Organisasi di Sekolah dan diLingkungan Masyarakat di kelasV SD Negeri 009 Samarinda Ulu Tahun pembelajaran 2014/2015

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MODEL DEBAT PADA SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang NURUL HELDAYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Peningkatan,pembelajaran PKn Model Debate
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua