Detail Cantuman Kembali
JUMASNIATI - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK AL KAUTSAR BONTANG

Jumasniati, 2016 Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini Kelompok B Tk Al Kautsar Bontang

Kata kunci : Bercerita, Media Papan Flanel

Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini Kelompok B Tk Al Kautsar Bontang?” sedangkan tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk memperoleh data dan kesimpulan tentang bagaimana peningkatan kemampuan bercerita melalui media papan flanel pada anak usia dini kelompok B Tk Al Kautsar Bontang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di TK kelompok Al Kautsar Bontang. Subjek penelitian 12 anak. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terlihat dengan adanya penjelasan melalui kegiatan belajar mengajar 3 siklus 6 kali pertemuan sudah mencapai peningkatan dari kemampuan anak menyebut tokoh 50%, menyampaikan isi cerita 58,3%, kelancaran dalam bercerita 58,3%, ekspresi anak 50% sehingga nilai rata-rata siklus I mencapai 54,15% dari keempat aspek yang dinilai meningkat pada siklus II dari kemampuan anak menyebut tokoh 66,66%, menyampaikan isi cerita 66,66%, kelancaran dalam bercerita 75%, ekspresi anak 66,66% sehingga nilai
rata-rata siklus II mencapai 68,74% dari keempat aspek yang dinilai meningkat pada siklus III dari kemampuan anak menyebut tokoh 83,33%, menyampaikan isi cerita 83,33%, kelancaran dalam bercerita 83,33%, ekspresi anak 91,66 sehingga nilai rata-rata siklus III mencapai 85,41% dari keempat aspek yang dinilai dapat dikatakan rata-rata anak dalam bercerita melalui media papan flannel dapat dikatakan berhasil sehingga semua target penilaian yang diharapkan telah tercapai dengan baik.
Kesimpulan dalam pengembangan bahasa dapat berkaitan dengan lingkungan keluarga, sekolah dan di luar sekolah melalui metode bercerita dengan media papan flanel sehingga menarik minat anak dalam meningkatan kemampuan bercerita, anak lebih menjadi lebih tertarik memperhatikan, senang, gembira dilakukan anak kelompok B TK Al Kautsar dengan bermain dan memberikan kesempatan pada anak untuk terlibat langsung dalam bercerita.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK AL KAUTSAR BONTANG
Pengarang JUMASNIATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua