Detail Cantuman Kembali
SUMARNI - Personal Name

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA IV BONTANG

Sumarni, 2016. Judul, Implementasi Pembelajaran Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini Di TK ABA IV Bontang. dibimbing oleh Bapak Dr. Budi Rahardjo MS dan Ibu Dra. Wiwik .Haryani, M.Pd.
Kata kunci: Pembelajaran, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui rancangan guru dalam pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Bontang, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Bontang, (3) mengetahui perkembangan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA IV Bontang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya 2 kurikulum yang digunakan di TK ABA IV Bontang yaitu kurikulum dari Aisyiyah dan kurikulum permen 146. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan yang harus dilakukan dengan membuat kurikulum yang terintegrasi dengan pembelaaran nilai agama dan moral. Perencanaan meliputi pelaksanaan perencanaan, kurikulum, pembuatan program semester, perencanaan mingguan, dan perencanaan harian. Dalam penyusunan dan pengembangan perencanaan pembelajaran nilai agama dan moral melibatkan pengurus Aisyiyah, kepala sekolah, dan guru. (2) pelaksanaan pembelajaran nilai agama dan moral di TK ABA IV Bontang diintegrasikan dalam tahapan kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup (akhir). (3) perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di TK ABA IV Bontang adalah terdapat perubahan yang cukup berarti, dimana mereka yang tadinya tidak bisa berdoa dan salam, mengenal huruf hijaiyah, shalat, jujur kepada teman, mengucapkan kalimat toyyibah, dan menjaga kebersihan diri, menjadi anak yang terbiasa berdoa dan mengucapkan salam, mengucapakan kalimat toyyibah, mengenal huruf hijaiyah, rajin beribadah, dan menjaga kebersihan diri.
Berdasarkan dari penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para pendidik, orang tua, para peneliti, dan semua pihak yang materi Al-qur’an berupa hafalan surah-surah pendek dan membutuhkan informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran nilai agama dan moral pada anak usia dini

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA IV BONTANG
Pengarang SUMARNI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pembelajaran, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Din
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua