Detail Cantuman Kembali
ABDILLA MALIK - Personal Name

“PEMANFAATAN SERBUK KULIT BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) TERAKTIVASI SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM KADMIUM (Cd2+)”


Penelitian tentang pemanfaatan serbuk kulit buah pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) teraktivasi sebagai adsorben ion logam kadmium (Cd2+) telah dilakukan. Metode yang digunakan yaitu metode adsorpsi. Penentuan gugus fungsi yang terkandung pada adsorben digunakan instrumen Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FT-IR) menunjukkan adanya gugus O-H, gugus C-O dan gugus N-H. Karakterisasi untuk mengetahui pernyebaran pori pada adsorben
menggunakan instrumen Scanning Electron Microscope (SEM) yang menunjukkan terjadinya perbesaran pori dan rongga pada permukaan adsorben, serta penampakan topografi yang lebih halus setelah dilakukan proses aktivasi.
Penentuan jumlah kadar ion logam (Cd2+) yang terserap oleh adsorben digunakan instrumen Atomic Absorption Spectroscopy (AAS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adsorben serbuk kulit buah pisang kepok dapat mengadsorpsi ion logam (Cd2+ ) dengan penyerapan terbaik terjadi pada kondisi optimum yaitu pH 5, waktu kontak 60 menit dan konsentrasi 1,5 ppm. Kapasitas adsorpsi dari adsorben serbuk kulit buah pisang kepok pada kondisi optimum yaitu sebesar 0,04991 mg/g.
Kata Kunci: Kulit buah pisang kepok, adsorpsi, ion logam Cd2+, adsorben


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul “PEMANFAATAN SERBUK KULIT BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) TERAKTIVASI SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM KADMIUM (Cd2+)”
Pengarang ABDILLA MALIK - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Kulit buah pisang kepok, adsorpsi, ion
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S-1 KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua