Detail Cantuman Kembali

IMPLEMENTASI MICROSERVICE API UNTUK INTEROPERABILITAS LAYANAN SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (Studi Kasus: Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Samarinda)


Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun prototype microservice API dengan objek data pengumuman yang ditampilkan dengan penerapan dalam bentuk prototype website.
Penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi literatur dalam pengumpulan data. Sistem dikembangkan dengan metode Throwaway Prototype.
Permodelan dan desain menggunakan bahasa pemograman Go dan Node.js, menggunakan framework serverless dan database serve DynamoDB. Metode pengujian menggunakan pengujian whitebox testing dan Javascript Testing (JEST) sebagai pendukung pengujian.
Hasil penelitian ini adalah sebuah prototype API layanan web service berupa layanan microservice API yang dapat diterapkan pada objek data pengumuman yang diolah Dinas Komunikasi Dan Informatikan kota Samarinda sehinga data pengumuman dapat di-relay langsung dari sistem untuk dapat ditampilkan pada sistem lain tanpa harus menginput data secara manual pada sistem lainnya sehingga terwujudnya interoperabilitas dalam penyampaian data antar layanan pemerintahan berbasis elektronik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda.
Kata Kunci : microservice, API, interoperabilitas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI MICROSERVICE API UNTUK INTEROPERABILITAS LAYANAN SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (Studi Kasus: Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Samarinda)
Pengarang Yasmine Nabillah Sulaiman - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : microservice, API, interoperabilitas.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua