Detail Cantuman Kembali
ELIZABETH - Personal Name

POTENSI APLIKASI JENIS-JENIS PUPUK PADA TANAH ULTISOL DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata)


ELIZABETH. Potensi Aplikasi Jenis-Jenis Pupuk Pada Tanah Ultisol Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata). Fakultas Pertanian. Universitas Mulawarman. 2019. (Dibimbing oleh Ratna Shanti dan Roro Kesumaningwati).
Tanah di Kalimantan Timur di dominasi oleh tanah Ultisol, tanah ini memiliki kesuburan tanah yang kurang menguntungkan bagi budidaya pertanian.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbaikan sifat kimia tanah terbaik dari salah satu pengaplikasian jenis-jenis pupuk pada tanah ultisol dan juga mengetahui keefektifan dari aplikasi jenis-jenis pupuk dalam pertumbuhan tanaman jagung manis.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Mei 2019, bertempat di lahan area green house Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 9 taraf dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali.
Pengaplikasian pupuk menggunakan Pupuk kandang sapi, Pupuk kandang kambing, Pupuk Hayati Ecofert, Pupuk Bokashi, Pupuk Kandang Ayam, Pupuk Pupuk Guano, dosis masing-masing 700 g/polybag dan NPK Majemuk Pak Tani (16:16:16), dengan dosis 100 g/polybag.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaplikasian pupuk kandang ayam lebih efektif dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman dan secara perlahan memperbaiki sifat kimia tanah yaitu pH, C-organik, P dan K tersedia.
Kata kunci: Pupuk Kandang, Pupuk Kimia, Ultisol, Jagung Manis

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul POTENSI APLIKASI JENIS-JENIS PUPUK PADA TANAH ULTISOL DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata)
Pengarang ELIZABETH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: Pupuk Kandang, Pupuk Kimia, Ultisol, J
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua