Detail Cantuman Kembali
RAFIDAH - Personal Name

STRUKTUR KOMUNITAS IKAN PADA EKOSISTEM TERUMBU KARANG PULAU TIHI-TIHI KOTA BONTANG



RAFIDAH, 2019. Struktur Komunitas Ikan pada Ekosistem Terumbu Karang Pulau Tihi-Tihi Kota Bontang (Dibimbing oleh Dewi Embong Bulan dan Irma Suryana).
Waktu penelitian termasuk observasi lokasi penelitian dilaksanakan selama bulan April 2019 di Pulau Tihi-Tihi, Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelimpahan, keanekaragaman, dominansi dan komposisi jenis spesies Ikan Karang di setiap stasiun. Metode transek sabuk (belt transect) digunakan untuk sampling pada 3 stasiun pengamatan. Dari hasil penelitian ditemukan 16 Famili yaitu Acanthuridae, Balistidae, Caesionidae,Chaetodontidae, Ephippidae, Holocentridae, Labridae, Lethrinidae, Lutjanidae,
Nemipteridae, Pomacanthidae, Pomacentridae, Serranidae, Scaridae dan Zanclidae, yang terdiri atas 62 spesies dengan jumlah 1,214 individu. Famili Pomacentridae yang paling dominan dari ketiga stasiun pengamatan. Indeks Keanekaragaman Ikan Karang di Pulau Tihi-Tihi pada seluruh stasiun berada pada kisaran 2,262-3,162, termasuk dalam kategori sedang hingga tinggi. Indeks Keseragaman pada seluruh stasiun berkisar 0,671-0,949 dan termasuk dalamkategori sedang hingga tinggi. Indeks Dominansi pada seluruh stasiun padakisaran 0,048-0,211 dan dikategorikan dominansi rendah. Kondisi substrat secara umum adalah pasir. Hasil pengukuran parameter kualitas perairan masih sangat mendukung pertumbuhan terumbu karang dan perkembangan ikan karang pada pulau tersebut.
Kata Kunci: Indeks dominansi, Indeks keanekaragaman, Indeks keseragaman,Struktur komunitas.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRUKTUR KOMUNITAS IKAN PADA EKOSISTEM TERUMBU KARANG PULAU TIHI-TIHI KOTA BONTANG
Pengarang RAFIDAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Indeks dominansi, Indeks keanekaragam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua