Detail Cantuman Kembali
DESSY PUSPITA SARI - Personal Name

STUDI KOMPARATIF UKURAN SEDIMEN DI PANTAI TANAH MERAH SAMBOJA DAN MANGGAR BALIKPAPAN TIMUR KOTA BALIKPAPAN


Puspita sari, Dessy. 2020.
Studi Komparatif Ukuran Sedimen di Pantai Tanah Merah Samboja dan Manggar Balikpapan Timur Kota Balikpapan (Dibimbing oleh Jailani dan Widya Kusumaningrum).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparatif ukuran sedimen di pantai Tanah Merah Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dan di pantai Manggar Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan. Penelitian dilakukan pada bulan November 2018 dengan pengambilan sampel sedimen dasar perairan dengan 6 titik stasiun pengambilan sampel sedimen dengan total 30 titik sampel masing – masing stasiun terdapat 5 titik sampel berdasarkan di dua pantai yaitu pantai Tanah Merah dan pantai Manggar. Pengukuran Kemiringan Pantai, kecepatan arus dan gelombang dilakukan pada setiap stasiun. Analisis karakteristik sedimen dilakukan dengan metode analisis granulometri berdasarkan skala wentworth. Secara umum, polasebaran sedimen dasar pantai Tanah Merah dan pantai Manggar sama – sama disusun oleh sedimen berukuran liat hingga pasir. Jenis sedimen berdasarkanukuran butirnya yaitu pasir kasar, pasir sedang, pasir halus, debu dan liat dan didominasi oleh sebaran pasir halus pada setiap titik sampling. Kemiringan pantai pada pantai Tanah Merah dengan Nilai Rata-rata Presentase kemiringan 12 %, sedangkan kemiringan pantai pada pantai Manggar yaitu dengan Nilai Rata-rata Presentase kemiringan 8 %. Kecepatan arus pada pantai Tanah Merah stasiun 1diperoleh 0.07 m/det, pada stasiun 2 0.09 m/det dan stasiun 3 0.08 m/det.
Sedangkan kecepatan pada pantai Manggar stasiun 4 diperoleh 0.11 m/det, pada stasiun 5 0.09 m/det dan stasiun 6 0.11 m/det. Dan Tinggi Gelombang pada pantai Tanah Merah stasiun 1 yaitu 12.58 cm, pada stasiun 2 11.20 cm dan stasiun 3 14.19 cm. Sedangkan Tinggi Gelombang pada pantai Manggar stasiun 4 yaitu 28.38 cm, pada stasiun 5 23.44 cm dan stasiun 6 26.94 cm.
Kata kunci : morfologi pantai, tekstur sedimen, kecepatan arus, kemiringan pantai


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI KOMPARATIF UKURAN SEDIMEN DI PANTAI TANAH MERAH SAMBOJA DAN MANGGAR BALIKPAPAN TIMUR KOTA BALIKPAPAN
Pengarang DESSY PUSPITA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : morfologi pantai, tekstur sedimen, ke
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua