PENGARUH KESIAPANBELAJAR,MOTIVASI BELAJARDAN KECEMASANTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XSMA NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Penelitianinibertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar, motivasi belajar dan kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 8 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknikprobability samplingdandiperoleh sampel sebanyak 144 siswa. Instrumen penelitianyang digunakanberupa angket dan tes.
Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kesiapan belajar, motivasi belajar dan kecemasan, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika.
Sebelum melakukan penelitian, angket dan tes diuji cobakan kepada siswa yang bukan merupakan sampel penelitian, yaitu siswakelas X IPS 2 SMA Negeri 9 Samarinda yang berjumlah 36 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistikin ferensial dengan taraf signifikansi5%.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan belajar termasuk kategori sedang, motivasi belajartermasukkategori sedang, kecemasantermasuk kategori sedang, dan hasil belajar matematikatermasukkategori kurang. Hasil analisis inferensial menggunakan analisis jalur diperoleh terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap kecemasan secara langsung dengan koefisien jalur sebesar -0,420dan taraf signifikan statistik sebesar 0,010, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kecemasan secara langsung dengan koefisien jalur sebesar -0,140dan taraf signifikan statistik sebesar 0,036, terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika secara langsung dengan koefisien jalur sebesar0,090dan taraf signifikan statistik sebesar0,000, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika secara langsung dengan koefisien jalur sebesar0,142dan taraf signifikanstatistik sebesar0,025, terdapat pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika secara langsung sebesar -0,317dan taraf signifikan statistik sebesar 0,010, terdapat pengaruh kesiapan belajar secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kecemasan dengan koefisien jalur sebesar 0,133dan pengaruh total kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien jalur sebesar 0,223, dan terdapat pengaruh motivasi belajar secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematikamelalui kecemasan dengan koefisien jalur sebesar 0,044 dan pengaruh total motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien jalur sebesar0,186.
Kata Kunci:Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar dan Kecemasan, Hasil Belajar Matematika
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KESIAPANBELAJAR,MOTIVASI BELAJARDAN KECEMASANTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XSMA NEGERI 8 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | SITI HARTINAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci:Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar dan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY