Detail Cantuman Kembali
ELI PUSPITA DEWI - Personal Name

STUDITENTANG BUDAYA GOTONG ROYONG DALAMWUJUD KEGIATAN BERSIH DESA DI KELURAHAN HANDIL BAKTI


Eli Puspita Dewi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarmandengan judul skripsi “Studi tentang budaya gotong royong sebagai wujud kegiatan bersih desa di kelurahan handil bakti.”Dibimbingoleh Dr. Edi Rachmad, M.Pd sebagai dosen pembimbingI dan Drs. Demsy B. S.. M.Si sebagai dosen pembimbing II.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gotong royong danmelestarikan budaya gotong royong dalam wujud kegiatan bersih desa diKelurahan Handil Bakti.
Jenis penelitian ini adalah deskritif –kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian, budaya gotong royong pada masyarakat kelurahan handil bakti. Pada umumnya nilai gotong royong dalam masyarakat masih tetap ada di dalam diri setiap individu yang ada di masyarakat. Seperti dalam bentuk gotong royong tolong menolong yang masih kental ketika ada salah seorang warganya yang tertimpa musibah meninggal dunia. Sedangkan dalam bentuk kerja bakti sebatas pada pelaksanaan kegiatan setiap menyambut hari-hari besar saja.
Faktor yang menyebabkan hilangnyha nilai gotong royongdalam masyarakat, diantaranya penulis mengelompokkan ke dalam dua macam faktor yaitu faktorinternal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya ditunjukkan dengan semakin menurunnya partisipasi yang diberikan oleh warga terhadap setiap kegiatan yang bersifat gotong royong. Alasannya karena telah berubahnya motif dari dalam diri masyarakat dan perubahan sikap yang cenderung individualis. Faktor tersebut setidaknya dipengaruhi pula oleh faktor eksternal masyarakat, diantaranya adanya arus modernisasi dan globalisasi
Kata kunci: budaya gotong royong,kendala, hukum adat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDITENTANG BUDAYA GOTONG ROYONG DALAMWUJUD KEGIATAN BERSIH DESA DI KELURAHAN HANDIL BAKTI
Pengarang ELI PUSPITA DEWI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: budaya gotong royong,kendala, hukum a
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua