Detail Cantuman Kembali
NANI MAWARNI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI BERAGAM PEKERJAAN DALAM MASYARAKAT MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SDN 009 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019


Kata Kunci :Hasil Belajar IPS, Kegiatan Pekerjaan Dalam Masyarakat, Model Role Playing.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 009 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2018/2019 khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS tentang pekerjaan di masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Role Paying pada siswa kelas III SDN 009 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,reflek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas III SDN 009 Loa Janan Ilir yang berjumlah 31 siswa dan objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar IPS dan peningkatan setiap siklusny amenggunakan observasi,tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan grafik.
Hasil Penelitian menunjukan nilai rata-rata hasil belajar dari data awal sebesar 57,42 meningka tmenjadi 70,26 pada siklus I dengan persentase pengingkatan hasil belajar sebesar 1,96 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 39,2%. Pada siklus II nilai rata-rata meningka tmenjadi 80,00 dengan persentase peningkatan dari data awal sebesar 3,76 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 73,2%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS materi beragam pekerjaan di masyarakat melalui model role playing pada siswa kelas III SDN 009 Loa JananIlir.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI BERAGAM PEKERJAAN DALAM MASYARAKAT MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SDN 009 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang NANI MAWARNI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci :Hasil Belajar IPS, Kegiatan Pekerjaan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua