Detail Cantuman Kembali
PUPUT ANISA PUTRI - Personal Name

PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN LIKUIDITAS SERTA PROFITABILITAS TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN SUKARELA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh manajemen laba, likuiditas dan profitabilitas terhadap pengungkapan sukarela laporan tahunan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan tahunan (annual report) perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Sampel penelitian sebanyak 52 pengamatan dari periode 2013-2016. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengukuran variabel dependen dengan menggunakan indeks pengungkapan berjumlah 33 item pengungkapan sukarela. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dalam menguji hipotesis penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen Laba yang diwakili dengan Real Earning Management (REM) menunjukkan pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat pengungkapan sukarela laporan tahunan dengan nilai koefisien 0,098 pada tingkat signifikansi 0,051. (2) Likuiditas yang diwakili dengan Current Ratio (CR) menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat pengungkapan sukarela laporan tahunan dengan koefisien -0,006 pada tingkat signifikansi 0,184. (3) Profitabilitas yang diwakili dengan Return On Assets (ROA) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan sukarela l aporan tahunan dengan koefisien 0,130 pada tingkat signifikansi 0,015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN LIKUIDITAS SERTA PROFITABILITAS TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN SUKARELA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Pengarang PUPUT ANISA PUTRI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Real Earning Management, Current Ratio, Return On
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Akuntansi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua