Detail Cantuman Kembali
Herianda Maulidianto - Personal Name

RELIGIUSITAS DALAM CERITA RAKYATPUAN SIPANAIK

Kata Kunci: Cerita Rakyat, Religiusitas, Fakta Cerita Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Sumber data dalam penelitian adalah buku Bangbal (Kumpulan Cerita Rakyat)karya Safaruddin Istur.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca, memahami, dan mencatat. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari identifikasi, dan interpretasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fakta cerita danreligiusitas pada cerita rakyat Puan Sipanaik, yangmana nilai-nilai religius yang terkandungjuga terjadi pada kehidupan masyarakat umum. Dalam lingkup ini akan menganalisa denganmenggunakan strukturalisme Robert Stanton sebagai alat untuk menguraikan unsur-unsur yang ada pada cerita rakyatPuan Sipanaik.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama fakta cerita dalam cerita rakyat Puan SipanaikkaryaSafaruddin Isturterdiri dari alur, karakter, latar, dan tema. Alur dalam novel ini adalah alur majudan mundur. Karakter dalam cerita rakyat ini memiliki karakter bijaksana, dermawan, sabar dan penolong. Tokoh dalam cerita rakyat ini memiliki duatokoh utama sebagai tokoh sentral. Secara keseluruhan cerita ini berlatarkan daerah Kalimaantan Timur, yaitu Tanjung redeb, Berau, yang lebih tepatnya lagi berada di tepi sungai Segah. Dalam cerita rakyat ini terdapat peristiwayang sering terjadi di lingkungan masyarakat. Peristiwayang disajikan pengarang adalah peristiwa dimana tokoh utama menjadi penolong orang yang hidup kesusahan pada masa itu. Cerita Rakyat ini mengkisahkan seorang Bapak Tua yang di kenal dengan sebutanPuan Sipanaikyangselalu menolong orang tanpa berpikir panjang dan tanpa meminta balasan. Dalamkehidupannya, walaupun tidak memiliki anak ia tetap mensyukuri apa yang di berikan oleh Tuhan. Tokoh utama selalu mengulurkan tangannya pada orang yang membutuhkan. Walaupun ia juga membutuhkan hal yang diinginkan oleh orang yang meminta bantuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hal-hal yang berkaitan dengannilai-nilai religious pada Cerita rakyat Puan Sipanaik adalah sebagai berikut: (1) Fakta Cerita, (2) Religiusitas, dan (3) Kedermawanan dan kereligiusanPuan Sipanaik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul RELIGIUSITAS DALAM CERITA RAKYATPUAN SIPANAIK
Pengarang Herianda Maulidianto - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Cerita Rakyat, Religiusitas, Fakta Cer
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia S1
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua