Detail Cantuman Kembali
ANISA RIZKI - Personal Name

FEMINISME LIBERAL TOKOH UTAMA DALAMNOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY



Kata Kunci: feminisme liberal, tokoh utama, novel Ketidak adilan yang dialami perempuan memunculkan sebuah gerakan feminisme. Perempuan berjuang mendapatkan kebebasan untuk setara dengan lakilaki.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fakta cerita dan perjuangan tokoh utama dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy menggunakan kajian feminisme liberal abad 19 yang diusung oleh John Stuart Mill dan Harriet Taylor.
Tokoh utama dalam novel ini bernama Ayna Mardeya yang berjuang untuk mendapatkan kebebasan dari diskriminasi sistem patriarki yang dilakukan Pakde dan suaminya. Tokoh utama ingin bebas dalam memperjuangkan hak-hanya. Hal ini bertujuan untuk mengubah pemikiran mereka yang menganggap perempuan tidak bisa berpikir rasional seperti laki-laki.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perjuangan tokoh utama untuk bebas dari diskriminasi karena adanya sistem patriarki. Perjuangan tokoh utama berdasarkan feminism liberal abad ke-19 John Stuart Mill dan Harriet Taylor,terdiri dari bentuk perjuangan tokoh utama dalam pendidikan, bentuk perjuangan tokoh utama melawan kawin paksa, bentuk perjuangan tokoh utama sebagai alat politik dan bentuk perjuangan tokoh utama dalam bekerja.




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FEMINISME LIBERAL TOKOH UTAMA DALAMNOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY
Pengarang ANISA RIZKI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: feminisme liberal, tokoh utama, novel
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia S1
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua