Detail Cantuman Kembali
JENI ANDRIYANTI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN 007 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020


Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Organ Gerak Hewan dan Manusia, Model STAD
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini ”Bagaimana meningkatan hasil belajar IPA tentang organ gerak hewan dan manusia pada Subtema “Organ Gerak Hewan” melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 007 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2019/2020”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar IPA tentang organ gerak hewan dan manusia pada Subtema “Organ Gerak Hewan” melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 007 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 007 Sungai Pinang yang berjumlah 30 siswa, dan objek penelitian ini adalah hasil
belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran STAD. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, rumus persentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa sebesar 18,23% dari nilai rata-rata sebesar 46,67 dengan predikat sangat kurang pada pra siklus menjadi 55,18 dengan predikat kurang dan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 23,33%. Karena ketuntasan klasikal belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan sebesar 49,58% dengan nilai rata-rata sebesar
69,81 dengan predikat kurang dan persentase ketuntasan 46,67%. Karena ketuntasan klasikal belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan ke siklus III. Pada siklus III hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan sebesar 73,21% dengan nilai rata-rata sebesar 80,83 dengan predikat sangat baik dan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 73,21%. Persentase ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan, sehinggga penelitian dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA tentang organ gerak hewan dan manusia pada Subtema “Organ Gerak

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN 007 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Pengarang JENI ANDRIYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Organ Gerak Hewan d
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua