PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK TARI DI KELAS B SEKOLAH ALAM TK BARAKALLAH SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Tika Dewi Astuti, 2016 : Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar pada anak melalui kegiatan gerak tari di kelas B Sekolah Alam TK Barakallah Samarinda dibawah bimbingan Dra. Sudilah MW, M.Pd selaku pembimbing 1 dan Dra. Wiwik Haryani, M.Pd selaku pembimbing 2.
Kata kunci : Kemampuan Motorik Kasar, Melalui Gerak Tari
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah tentang kemampuan motorik kasar di kelas B Sekolah Alam TK Barakallah Samarinda yang masih perlu untuk distimulasi agar berkembang dengan baik, melalui kegiatan gerak tari dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak melalui kegiatan gerak tari di kelas B Sekolah Alam TK Barakallah samarinda tahun pembelajaran 2015/ 2016? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak melalui kegiatan gerak tari di kelas B Sekolah Alam TK Barakallah Samarinda tahun pembelajaran 2015/ 2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dan objek penelitian ini adalah Kelas B Sekolah Alam TK Barakallah yang berjumlah 16 anak. metode pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi dan observasi yaitu pengamatan pada anak dan guru secara langsung dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar melalui gerak tari. penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang dideskripsikan menjadi rata- rata dan grafik.
Aspek yang diteliti pada penelitian ini meliputi ketepatan gerak sesuai perintah pada siklus I mencapai 31%, naik pada siklus II menjadi 66% dan meningkat pada siklus III menjadi 78%, pada aspek ketepatan menirukan gerak pada siklus I mencapai 33%, naik pada siklus II menjadi 65% dan pada siklus III mencapai 80%, pada aspek ketepatan gerak sesuai irama lagu pada siklus I mencapai 30%, naik pada siklus II menjadi 56% dan pada siklus III mencapai 69%, pada aspek keterampilan mengekspresikan gerak pada siklus I mencapai 30%, naik pada siklus II mencapai 60% dan pada siklus III mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian dari 3 siklus didapatkan pada siklus I mendapat presentase ketuntasan 37%, naik pada siklus II presentase ketuntasan 62% meningkat pada siklus III dengan presentase ketuntasan 94%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan motorik kasar yang menunjukkan kriteria sangat baik, sehingga dapat dikatakan bahwa melalui gerak tari dapat meningkatkan motorik kasar di kelas B Sekolah Alan TK Barakallah Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK TARI DI KELAS B SEKOLAH ALAM TK BARAKALLAH SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | Tika Dewi Astuti - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Motorik Kasar, Melalui Gerak Tari |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY