Detail Cantuman Kembali
WIDYA ASTUTI - Personal Name

SURVEI PENDAPAT SIVITAS AKADEMIKA TENTANG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA PROGRAM STUDI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN



Widya Astuti, 2019, Survei Pendapat Sivitas Akademika tentang Kepemimpinan Transformasional pada Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani S.Sos,M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Hj. Hariati S.Sos, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat sivitas akademika tentang kepemimpinan transformasional pada Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang terjadi pada saat sekarang secara sistematis dan faktual dengan tujuan untuk memaparkan serta penyelesaian dari masalah yang diteliti. Definisi operasional meliputi indikator dari variabel kepemimpinan transformasional atau variabel (X) yaitu pemberi pengaruh ideal (idealized influence); pemberi motivasi inspirasi (inspirational motivation); pemberi stimulasi intelektual (intellectual stimulation); dan pemberi konsiderasi individu (individualized consideration). Penelitian ini ditetapkan sebagai penelitian sampel dengan 77 responden yang merupakan total sampel dari seluruh sivitas akademika pada empat Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field work research). Alat pengukur data yang digunakan adalah skala likert, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional pada Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman sudah lumayan baik, hanya saja Kaprodi perlu meningkatkan kemampuan yang masih dianggap lemah, pada Program Studi Ilmu Pemerintahan,Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Administrasi Negara kemampuan yang paling lemah adalah pemberi konsiderasi individu (individualized consideration) sedangkan pada Program Studi Ilmu Komunikasi kemampuan yang paling lemah adalah pemberi stimulasi intelektual (intellectual stimulation).
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Program Studi, Fisip Unmul



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SURVEI PENDAPAT SIVITAS AKADEMIKA TENTANG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA PROGRAM STUDI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN
Pengarang WIDYA ASTUTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Progra
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua