Detail Cantuman Kembali
ELLA NURLINDA - Personal Name

PERBEDAAN KONSENTRASI NITRAT DAN FOSFAT PADA KEDALAMAN 4 METER DI BAGIAN DALAM DAN LUAR PERAIRAN TELUK PANGEMPANG KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK
ELLA NURLINDA, 2009. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Perbedaan Konsentrasi Nitrat dan Fosfat Pada Kedalaman 4 Meter Di Bagian dalam Dan Luar Pangempang Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. (Dibimbing oleh Iwan Suyatna dan Akhmad Rafii)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan konsentrasi nitrat dan fosfat pada kedalaman 4 meter saat pagi dan siang hari di bagian dalam dan luar Teluk Pangempang Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini dilakukan di perairan Teluk Pangempang Kecamatan Muara Badak, mulai tanggal 29 Mei – 10 Juli 2008. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) stasiun yaitu pada bagian dalam dan luar Teluk Pangempang. Masing-masing stasiun memiliki 1 (satu) garis transek yang terdiri atas 4 (empat) titik sampling, jarak antar titik sampling 500 meter. Jadi titik keseluruhan ada sebanyak 8 (delapan) titik sampling. Sampling dilakukan pada waktu pagi dan siang hari, periode sampling 2 (dua) minggu sekali selam 8 (delapan) minggu. Analisis yang di gunakan adalah uji ANOVA (Analysis of Variance).
Selama penelitian menunjukkan bahwa nilai konsentrasi nitrat dan fosfat di bagian dalam teluk pada pagi hari berkisar antara 0,03 – 0,11 mg/l dengan F hitung 10,253 dan siang hari 0,05 – 0,13 mg/l dengan F hitung 1,630 sedangkan di bagian luar teluk saat pagi hari berkisar antara 0,02 – 0, 11 dengan F hitung 9,652 dan siang hari antara 0,04 – 0,09 mg/l dengan F hitung 4,158. Untuk nilai konsentrasi fosfat bagian dalam teluk pada pagi hari berkisar antara 0,032 – 0,075 mg/l dengan F hitung 4,333 dan siang hari 0,023 – 0,145 mg/l dengan F hitung 5,654 sedangkan di bagian luar teluk saat pagi hari berkisar antara 0,061 – 0, 126 mg/l dengan F hitung 2,719 dan siang hari antara 0,047 – 0,151 mg/l dengan F hitung 13,616.
Hasil penelitian menunjukkan perbedaan nilai konsentrasi nitrat dan fosfat pada bagian dakam dan luar saat siang dan sore hari setiap periode sampling. Nilai F hitung lebih besar dari F tabel. Ini menunjukkan perbedaan yang signifikan, tetapi untuk perbandingan tempat dan waktu saat pagi dan siang hari nilai konsentrasi nitrat dan fosfat tidak berbeda. Nilai F hitung lebih kecil dari F tabel, ini menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN KONSENTRASI NITRAT DAN FOSFAT PADA KEDALAMAN 4 METER DI BAGIAN DALAM DAN LUAR PERAIRAN TELUK PANGEMPANG KECAMATAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang ELLA NURLINDA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua