PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK RUHUI RAHAYU SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Permasalahan mendasar dari pelaksanaan penelitian adalah kurangnya kemampuan berbahasa lisan anak seperti ketepatan lafal dan intonasi saat berbicara, hal ini dikarenakan kurangnya pembendaharaan kosakata dan kemampuan anak dalam menyimak suatu cerita atau pesan yang didengarnya, dengan menggunakan metode bercerita diharapkan anak mempunyai lebih banyak pembendaharaan kata dalam berbahas lisannya.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Ruhui Rahayu Samarinda Tahun
2014/2015. Tujuan Penelitian ini adalah untuk : Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Ruhui Rahayu Samarinda Tahun 2014/2015.
Metode bercerita ini adalah cara penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita yang dilaksanakan dalam upaya memperkenalkan atau menjelaskan tentang hal baru yang dapat menciptakan suasana menyenangkan, merangsang proses kognitif, melatih konsentrasi anak, mengembangkan daya imajinasi anak, serta membantu perkembangan bahasa anak. Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )dengan metode bercerita yang berlangsung dalam tiga siklus, setiap siklusnya dilaksanakan dengan dua kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B Tk Ruhui Rahayu Samarinda yang berjumlah 20 siswa.
Data yang dihimpun berupa data pengamatan kemampuan berbahasa lisan anak dengan metode bercerita. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan setiap siklusnya. Sehingga pencapaian target yang diinginkan dengan hasil sebagai berikut : kemampuan berbahasa lisan anak dengan metode bercerita : Siklus I rata-rata: 46%, siklus II rata- rata: 62%, Siklus III rata-rata 81%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil sebelum tindakan mengalami peningkatan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK RUHUI RAHAYU SAMARINDA TAHUN AJARAN 2014 / 2015 |
---|---|
Pengarang | EKA MAILINDA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kemampuan Berbahasa Lisan, Metode Bercerita |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY