Detail Cantuman Kembali
SARTIKA SARI - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING POLA GAMBAR PADA KELOMPOK B PAUD LESTARI KIDS SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelompokBdi PAUD Lestari Kids yaitu kemampuan motorik halus anak masih belum berkembang, anak belum terampil dalam motorik halusnya yaitu penggunaan jari dan tangan serta kesulitan pada saat memegang gunting dan menggunting dengan benar.Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka masalah yang akan dirumuskan adalah bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pola gambar di kelompok B PAUD Lestari Kids Samarinda tahun pembelajaran 2014/2015?Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pola gambar di kelompok B PAUD Lestari Kids Samarinda tahun pembelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Lestari kids yang berjumlah 20 anak dengan objek penelitian adalah peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pola gambar. Prosedur yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data yaitu mencari nilai rata-rata dan persentase dalam menentukan peningkatan kemampuan motorik halus anak pada setiap tindakan penelitian.
Hasil penelitian kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pola gambar adalah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata adalah 47,49% dengan persentase ketuntasan belajar adalah 15% dan jumlah anak yang tuntas belajar ada 3 anak. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata adalah 63,74% dengan persentase ketuntasan belajar adalah 40% dan jumlah anak yang tuntas belajar ada 8 anak. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata adalah 78,59% dengan persentase ketuntasan belajar 80% dan jumlah anak yang tuntas belajar ada 16 anak dari 20 anak. Meskipun ada 4 anak yang belum tuntas, namun dari indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75%, maka anak kelompok B dinyatakan tuntas dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalahmelalui kegiatan menggunting pola gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B PAUD Lestari Kids Samarinda tahun pembelajaran 2014/2015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING POLA GAMBAR PADA KELOMPOK B PAUD LESTARI KIDS SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang SARTIKA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Motorik Halus, Kegiatan Menggunting Pola Gambar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua