PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS III SDN 033 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Think-Pair-Share pada siswa kelas III SDN 033 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-B SDN 033 Samarinda Ilir yang berjumlah 44 siswa, terdiri dari 24 perempuan dan 20 laki-laki. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika melalui model Think-Pair-Share.
Hasil belajar pada pra siklus memperoleh rata-rata 57,39 dengan persentase ketuntasan 47,73% predikat kurang. Nilai rata-rata pada siklus I meningkat 13,84% menjadi 65,33 dengan persentase ketuntasan 63,64% cukup. Nilai ratarata pada siklus II meningkat 13,27% menjadi 74 dengan persentase ketuntasan 75% predikat baik. Nilai rata-rata pada siklus III meningkat 12,61% menjadi 83,33 dengan persentase ketuntasan 88,64% predikat sangat baik. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa melalui model Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN 033 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS III SDN 033 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | RANTI WINDI UTAMI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil Belajar Matematika, Model Think-Pair-Share |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY