Detail Cantuman Kembali
KISNAWATI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT NEGATIF MELALUI METODE DEMONTRASI DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SDN. 006 MUARA BENGKAL TAHUN PELAJARAN 2015 /2016

Kisnawati 2016 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Negatif Melalui Metode Demontrasi Dengan Alat Peraga Di Kelas IV SDN 006 Muara Bengkal Tahun Pembelajaran 2015-2016, Skripsi ,Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pembimbing 1. Dr.H.Mohammad Siddik, M.Pd, Pembimbing 2. Drs.H.La Djangka.M.Pd.
Kata Kunci Hasil Belajar Operasi Penjumlahan pengurangan,bilangan Bulat, Demontarsi, Alat Peraga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui metode demontrasi dengan menggunakan alat peraga , serta apakah penggunaan metode demontrasi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi bilangan bulat negatif.Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan februari 2016 di SDN 006 Muara Bengkal .Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Metode ini dilakukan melalui 4 tahapan, yakni Perencanaan, Pengamatan dan refleksi. Instumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa,instrumen tes,dan catatan lapangan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai rata- rata hasil tes pemahaman siswa diakhir siklus I adalah 66, kemudian meningkat menjadi 77 di akhir siklus II.Sedangkan persentasi aktivitas guru juga mengalami peningkatan yakni dari Siklus I 70,9% dan Siklus II menjadi 87.1% di samping itu aktivitas siswa juga turut meningkat dari Siklus I 63,35% dan Siklus II menjadi 82,13%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demontrasi dengan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT NEGATIF MELALUI METODE DEMONTRASI DENGAN ALAT PERAGA DI KELAS IV SDN. 006 MUARA BENGKAL TAHUN PELAJARAN 2015 /2016
Pengarang KISNAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar Operasi Penjumlahan pengurangan,bila
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua