PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 17 SAMARINDA (Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia)
Discovery Learning adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam mencari, menemukan, dan menyelidiki sendiri untuk memecahkan masalah sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan baru sedangkan model pembelajaran Problem Based Learning adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran discovery learning. (2) Untuk mengetahui hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran problem based learning. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaranproblem based learning. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy- experiment) dengan dua kelas menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar kelas XI IPS 1 dengan nilai rata-rata sebesar 85,8 dan hasil belajar kelas XI IPS 2 dengan nilai rata-rata sebesar 84,1, terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI SMA Negeri 17 Samarinda yang ditunjukkan dengan hasil nilai t hitung sebesar 2,833 yangdimana ttabel yang didapat 1,671 dimana 2,833 > 1,671.
Kata Kunci: Discovery Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar Geografi
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 17 SAMARINDA (Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia) |
---|---|
Pengarang | DHARMA DIANA DIYAH HARTINAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Discovery Learning, Problem Based Lea |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY