IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 edisi revisi dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Samarinda. Implementasi Kurikulum 2013 tersebut dideskripsikan berdasarkan tiga aspek yaitu tingkat ketercapaian perencanaan pembelajaran, tingkat ketercapaian pelaksanaan pembelajaran, dan tingkat ketercapaian penilaian dalam pembelajran Kimia.
Subjek pada penelitian ini adalah guru kimia kelas X dan kelas XI dan 31 siswakelas X dan 31 kelas XI. Data diperoleh melalui angket, wawancara, observasi,dan dokumentasi. Instrumen angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan skala likert. Data hasil angket dan observasi dianalisis menggunakanteknik analisis deskriptif kuantitatif dan hasil wawancara dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kimia kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 1 Samarinda sudah menerapkan Kurikulum 2013 dengan sangat baik. Aspek perencanaan pembelajaran guru sudah menyusun RPP yangdikembangkan dari silabus Kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketercapaian sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Aspekpelaksanaan pembelajaran guru sudah menerapkan pendekatan saintifik. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketercapaian sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Aspek penilaian pembelajaran guru sudah menerapkan penilaian autentik dan tindak lanjut hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketercapaian sebesar 84% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Kimia
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DESTI RAMADHANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Kimia |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY