PERANAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEAKTIFAN BERTANYA PADA SISWA DI SMKS KESEHATAN SAMARINDA
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan guru PPKn dalam meningkatkansikappercayadiri dan keaktifanbertanyapada siswa di SMKS KesehatanSamarinda. Adapun jenispenelitian yang digunakanadalahdeskriftif kualitatif dengan responden berjumlah 6 orang denganmasing–masing 4 orang siswakelas X, seorang guru PPKn dan seorangPendampingkurikulum. Teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru PPKn dalam meningkatkan sikap percaya diri dan keaktifan bertanya pada siswa sebagai pendidik dalam hal menghadirkan proses belajar yang nyaman dan menyenangkan tergolong telah berperan, melakukan proses Tanya jawab tergolong baik, memahami karakteristiksiswa tergolongbaik. Sedangkan peranan guru PPKn dalam meningkatkan sikappercayadiri dan keaktifanbertanya pada siswasebagai motivator dalam hal antusiasme guru dalammengajar tergolong tinggi, menyampaika nmanfaat dan tujuanpembelajarantergolongtelahdilaksanakan, menggunakanmetodepembelajaran yang bervariasi tergolongcukup baik dan mengapresiasi pencapaiansiswatergolongbaik. Dan faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan sikap percayadiri dan keaktifan bertanyayaitulingkungan keluarga, Pendidikan formal dan Pendidikan non formal dapat mendukunguntuk meningkatkansikappercayadiri dan keaktifanbertanyasiswa.
Kata Kunci: peranan guru, sikappercayadiri, keaktifanbertanya
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERANAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEAKTIFAN BERTANYA PADA SISWA DI SMKS KESEHATAN SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | BAYU INDRA ATMAJA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: peranan guru, sikappercayadiri, keakti |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY