Detail Cantuman Kembali
BAYU INDRA ATMAJA - Personal Name

PERANAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEAKTIFAN BERTANYA PADA SISWA DI SMKS KESEHATAN SAMARINDA


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan guru PPKn dalam meningkatkansikappercayadiri dan keaktifanbertanyapada siswa di SMKS KesehatanSamarinda. Adapun jenispenelitian yang digunakanadalahdeskriftif kualitatif dengan responden berjumlah 6 orang denganmasing–masing 4 orang siswakelas X, seorang guru PPKn dan seorangPendampingkurikulum. Teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru PPKn dalam meningkatkan sikap percaya diri dan keaktifan bertanya pada siswa sebagai pendidik dalam hal menghadirkan proses belajar yang nyaman dan menyenangkan tergolong telah berperan, melakukan proses Tanya jawab tergolong baik, memahami karakteristiksiswa tergolongbaik. Sedangkan peranan guru PPKn dalam meningkatkan sikappercayadiri dan keaktifanbertanya pada siswasebagai motivator dalam hal antusiasme guru dalammengajar tergolong tinggi, menyampaika nmanfaat dan tujuanpembelajarantergolongtelahdilaksanakan, menggunakanmetodepembelajaran yang bervariasi tergolongcukup baik dan mengapresiasi pencapaiansiswatergolongbaik. Dan faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan sikap percayadiri dan keaktifan bertanyayaitulingkungan keluarga, Pendidikan formal dan Pendidikan non formal dapat mendukunguntuk meningkatkansikappercayadiri dan keaktifanbertanyasiswa.
Kata Kunci: peranan guru, sikappercayadiri, keaktifanbertanya

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KEAKTIFAN BERTANYA PADA SISWA DI SMKS KESEHATAN SAMARINDA
Pengarang BAYU INDRA ATMAJA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: peranan guru, sikappercayadiri, keakti
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua