Detail Cantuman Kembali
NURUL FAJERIYAH - Personal Name

PERAN GURU DALAM MEMBANTU MENDISIPLINKAN WAKTU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kualitatif Anak Kelompok B di TKNegeri 2 Samarinda Tahun 2018/2019)


Kedisiplinan anak usia dini pada dasarnya adalah taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku seperti disiplin waktu datang ke sekolah, disiplin waktu dalam menyelesaikan kegiatan, dan disiplin waktu pulang sekolah. Guru dapat membina disiplin waktu pada anak dengan menegaskan peraturan yang ada di kelas maupun di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan strategi guru dalammembantu mendisiplinkan waktu pada anak usia 5-6 tahun kelompok B1 di TK Negeri 2 Samarinda serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam membantu mendisiplinkan waktu pada anak usia 5-6 tahun kelompok B1 di TK Negeri 2 Samarinda. Metode yang digunakan ialah penelitian jenis studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran guru dalam membantu mendisiplinkan waktu pada anak usia 5-6 tahun kelompok B1 di TK Negeri 2 Samarinda terlihat dalam keseharian anak dengan baik khususnya peran guru dalam membimbing danmelatih anak, (2) strategi guru dalam membantu mendisiplinkan waktu pada anakusia 5-6 tahun kelompok B1 di TK Negeri 2 Samarinda sudah dilaksanakan dengan baik menumbuh kembangkan konsep diri anak, guru yang terampil dalam berkomunikasi, (3) adanya faktor pendukung dan penghambat guru dalammembantu mendisiplinkan waktu pada anak usia 5-6 tahun kelompok B1 di TK Negeri 2 Samarinda dalam mengoptimalkan mendisiplinkan waktu pada anak ialah faktor internal dan faktor eksternal pada guru.
Kata Kunci: Peran Guru, Disiplin Waktu, Anak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN GURU DALAM MEMBANTU MENDISIPLINKAN WAKTU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Kualitatif Anak Kelompok B di TKNegeri 2 Samarinda Tahun 2018/2019)
Pengarang NURUL FAJERIYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Peran Guru, Disiplin Waktu, Anak.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua