Detail Cantuman Kembali
Asmaul Husna - Personal Name

PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN APLIKASI CAMTASIA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 MARANGKAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020


Asmaul Husna, 2015. Pengaruh Media Video dengan Aplikasi Camtasia pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Marangkayu. Dibawah bimbingan dari Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Vandalita M. Magdalena R, M.P selaku pembimbing II.
Camtasia adalah software yang digunakan untuk pembuatan video presentasi mengkombinasikan suara dan gambar atau materi yang ingin disampaikan sehinggamemudahkan guru menyampaikan materi kepada siswa, memudahkan siswamempelajari dan membuka kembali materi yang telah disampaikan guru. Tujuanpenelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media video dengan aplikasi camtasia pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Marangkayu. Penelitian ini merupakan eksperimen Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalahseluruh siswa kelas XII IPA. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel kelas eksperimen berjumlah 34 siswa XII IPA 2. Sampelkelas kontrol berjumlah 34 siswa XII IPA 1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai posttestkelompok eksperimen yaitu 78,74 lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrolyaitu 69,63. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung 9,910 > t tabel 1,997. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yangmenggunakan media video dengan kelas kontrol yang menggunakan ceramah.
Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh positif penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Marangkayu.
Kata Kunci : Media Video, Camtasia, Hasil Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MEDIA VIDEO DENGAN APLIKASI CAMTASIA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 MARANGKAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Pengarang Asmaul Husna - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Media Video, Camtasia, Hasil Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua